Setting Monitor LCD Samsung S19A100N

Ceritanya satu monitor untuk client warnet tercinta mati total, nggak mau move on. Eh nggak mau on sama sekali. Akhirnya daripada diservis mending beli baru. Karena susah cari tempat servis yang murah meriah dan pass. Setelah pilih-pilih barang di pasar offline punya tetangga sebalah, akhirnya pilihan jatu kepada harga yang murah, meriah. Pilihan jatuh pada LCD Samsung S19A100N.

Setelah bongkar-bongkar dan pasang akhirnya selesai juga beres rapi. Nah, giliran dipasang timbul masalah yaitu resolusi maksimal yang bisa ditampilkan ternyata mentok di 1360 x 768, padahal di spesifikasi resolusi maksimal Samsung S19A100N bisa sampai 1366 x 768. Ketika disetting ke resolusi maksimal gambar malah bergeser ke kiri atau ke kanan dan monitor nggak bisa full.

Sempet nyerah juga dan didiamkan beberapa lama dengan resolusi yang seadanya, sampai akhirnya kesel juga dan mengajukan pertanyaan di pesbuk Komunitas Warnet Indonesia. Pertanyaannya kurang lebih seperti ini.

[ASK]
Monitor Samsung S19A100N kenapa nggak bisa disetting ke display maksimalnya ya? padahal di keterangan bisa max 1366 x 768?
- driver OK
- test pakai monitor lain OK, resolusi max sesuai kemampuan driver/monitor
kasusnya jika disetting maksimal desktop bergeser ke kiri (tombol start ilang separo) solusi?
Sementara tombol hanya ada satu yaitu tombol POWER. Pada akhirnya muncul jawaban yang sedikit mengambang dan sempat membuat salah sangka dari Bos Amir Nasrudin bahwa solusinya adalah dengan menekan tombol POWER. Hah? bukannya mati kalau dipencet? kemudian ada tambahan penjelasan bahwa ditekan beberapa detik.

So, akhirnya  masalah Setting Monitor LCD Samsung S19A100N ke resolusi 1366 x 768 sukses dengan mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:
  1. Tekan tombol power +/- 5 detik 
  2. Muncul menu pilihan Auto - Brigtnet - Contrast - Exit 
  3. Untuk memilih menu klik/tekan tombol power 1x scara cepat 
  4. Setelah sampai menu Auto tekan tombol power 2x secara cepat 
  5. PROBLEM SOLVED
Demikian Cara Setting Monitor LCD Samsung S19A100N ke resolusi maksimal 1366 x 768, semoga bermanfaat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Setting Monitor LCD Samsung S19A100N"

Posting Komentar

Silakan layangkan kritik,saran, cendol de el el