Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Yang Hasil Cetaknya Tidak Lurus

Setelah ganti cartridge PG-810 Black punya canon MP387 kemaren sore paginya ane coba print brosur pulsa karena emang sudah habis. Eh ternyata dan ternyata hasiln cetaknya tidak lurus alias belok-belok dan atau patah-patah, pokoknya sejenis itu deh. 

Untuk itu dalam postingan kali ini akan membahas tentang bagaimana cara mengatasi printer canon MP287 yang hasil cetaknya tidak lurus alias belok-belok kadang juga patah-patah...halah sama saja.


Indikasi awal :


Hasil cetak tidak bisa lurus atau rata kiri apalagi kalau untuk ngeprint garis akan sangat kelihatan tidak lurus. Berikut contoh hasil printnya :




Cara Service Canon MP 287 Tulisan Tidak Rata / Garis Tidak Lurus :


1. Tidak perlu bongkar canon MP 287 anda.Buka platen/penutup bagian atas saja dan gunakan standing bawaannya untuk menopang. Kalau mau bongkar juga nggak dilarang.

2. Amati encodernya. Encoder adalah pita sensor yg terbuat dari plastik dengan motif / kode baris di permukaannya. Letaknya dibelakang Head Carriage / rumah catridge. Berikut gambarnya :




3. Kasus : encoder kena cipratan tinta, sehingga menutupi baris kode yg ada di encoder tersebut. untuk membersihkan tinta ini memang agak sulit, tapi Anda bisa mencoba cara berikut yaitu dengan merendam encoder itu dengan air panas mendidih dan kemudian tinta coba dibersihkan dengan kuku tangan. tapi jangan sampai baris kodenya hilang. Kalau sampai hilang berarti anda harus mencari encoder yg masih bagus...

4. Jadi penyakitnya adalah encoder yg kena cipratan tinta. Dan akibatnya hasil print jadi kacau dan tidak lurus.... bahkan ada tulisan yg kelihatan patah seperti teriris..

5. Selesai....

Oya ... kasus ini tidak hanya khusus untuk Canon MP287 tapi bisa juga terjadi di canon type lainnya... yg memiliki encoder sebagai penuntun Head Carriage untuk bergerak.

Demikian postingan cara memperbaiki hasil cetak yang tidak lurus pada printer Canon MP287. Semoga bermanfaat.

sumber: this blog

Subscribe to receive free email updates:

6 Responses to "Cara Memperbaiki Printer Canon MP287 Yang Hasil Cetaknya Tidak Lurus"

  1. teima kasih cetakan jadi lurus

    BalasHapus
  2. Ok trimakasih infonya gan.

    BalasHapus
  3. kalau bekas tinta pada encooder sudah lama dan sudah mengering.
    apa bisa hilang juga ?

    BalasHapus

Silakan layangkan kritik,saran, cendol de el el